Pengertian Hasil Belajar


Pengertian Hasil Belajar

            Hasil belajar merupakan puncak kita melakukan proses belajar mengajar, sebab dengan hasil belajar maka guru dapat menyimpulkan berhasil tidaknya pencapaian tujuan yang diinginkan oleh seorang guru.
            Hasil belajar menurut Gane mengatakan hasil belajar dapat dikategorikan menjadi lima yakni: keterampilan intelektual (intelectual skills),informasi verbal(verbal information,),strategi Kognetik (Cognetive strateges),ketrampilan motorik (motor skills)dan sikap(attitudes).
           Sedangkan Romiszowski mengemukakan bahwa hasil belajar diktegorikan menjadi empat macam yakni: keterampilan kognitif, keterampilan afektif, keterampilan psikomotor, dan keterampilan interaktif.

            Dari beberapa pendapat ahli dapat di ambil kesimpulan bahwa hasil belajar adalah hasil dari proses belajar mengajar antara lain berupa keterampilan kognitif, keterampilan afektif, keterampilan psikomotor, dan keterampilan interaktif. Kemampuan interaktif merupakan kemampuan seseorang untuk berinterkasi dengan orang lain, keterampilan ini mengandung unsure sikap, yang menuntun orang agar dapat menerapkan pengetahuan dasar dan keterampilan fisiknya pada situasi tertentu.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengajarkan Mencari Volume Bangun Ruang Balok

Mengajarkan Mencari Volume Bangun Ruang Limas

Proposal PTK IPA Kelas III