Latar Belakang Proposall KKG


PENDAHULUAN

A. Latar Belakang
                         Guru adalah tenaga pendidik yang profesional diberi tugas dan tanggung jawab serta wewenang penuh untuk mendidik dan mengajarkan materi pelajaran pada satuan pendidikan SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA dan SMK. Oleh karena itu keberadaan tenaga guru di sekolah sangat penting untuk meningkatkan mutu pendidikan disekolah.
                          Pendidik yang baik adalah pendidik yang mengaitkan diri secara langsung dengan kebutuhan masyarakat. Pendidikan memang sangat penting untuk bekal masyarakat agar mempunyai kemampuan  untuk bersaing di era globalisasi dunia yang semakin meningkat. Kurangnya mutu pendidikan akan berakibat bagi generasi penerus karena ketatnya persaingan yang akan mereka hadapi di masa yang akan datang. Pada dasarnya pendidikan adalah modal bagi manusia agar dapat mencapai keberhasilan hidup yang maksimal. Maka Pendidikan harus mengarahkan diri terhadap kebutuhan masyarakat dan sesuai dengan tuntutan zaman. Oleh karena itu pendidikan harus mampu menciptakan manusia yang tidak saja cerdas scara intelektual tetapi juga cerdas secara emosional dan spiritual.
                          Kenyataan dilapangan masih banyak guru yang kurang mengusai berbagai metode dan model pembelajaran yang dapat memotivasi anak didik dalam proses pembelajaran secara optimal. Gambaran tersebut ditambah dengan heterogennya latar belakang pendidikan dan keahliannya, minimnya pembinaan, retrukmen dan seleksi guru yang tidak didasarkan pada prestasi kerja serta tes kemampuan penguasaan materi.
                         Untuk itu maka diperlukan adanya berbagai upaya untuk meningkatkan keterampilan dan kemampuan mengelolah pembelajaran serta kemampuan profesionalisme guru di sekolah termasuk dukungan sarana yang memadai agar guru Pendidikan Agama Islam dapat melaksanakan tugas pokok dan fungsinya sebagai pendidik dan pengajar di sekolah.
                          Untuk menghadapi berbagai permasalahan diatas, perlu adanya upaya untuk memperbaharui dan membekali para pendidik dan peserta didik dengan kecakapan hidup dan keterampilan hidup, yaitu berani menghadapi berbagai permasalahan di sekolah dan bagaimana cara penyelesaiannya. Keberanian mengahadpi semua permasahan yang timbul diikuti dengan langkah-langkah kreatif untuk menemukan solusi serta mampu mengatasinya. Dalam pelaksaan pembelajaran berorientasi pada kecakapan hidup diterapkan sistem pembelajaran terpadu, dimana berbagai materi dalam setiap mata pelajaran sedemikian rupa dihubungkan dengan materi pengajaran lain. Hal ini sekaligus dimaksudkan agar siswa memahami hubungan pengetahuan yang dipelajarinya sehingga diharapkan mampu diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.
             Pendekatan pembelajaran terpadu sedapat mungkin harus menggunakan pendekan aktif, kreatif dan menyenangkan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengajarkan Mencari Volume Bangun Ruang Balok

Mengajarkan Mencari Volume Bangun Ruang Limas

Proposal PTK IPA Kelas III