SELAMAT DATANG


SELAMAT DATANG.... SEMOGA SUKSES ....


Pesan Sponsor


Demi Penyempurnaan Blog Ini....
Mohon Tinggalkan Komentarnya....




Jumat, 28 Mei 2010

Proposal PTK IPA Kelas III

PROPOSAL
PENELITIAN TINDAKAN KELAS


I. JUDUL
UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI METODE INKUIRI BAGI SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI 003 NUNUKAN SELATAN

II. BIDANG KAJIAN
Pembelajaran IPA dan Metode Inkuiri.

III. PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Perkembangan ilmu pengetahuan dan tehnologi dewasa ini, memberi dampak yang sangat luas di segala aspek kehidupan manusia terutama dibidang pendidikan terutama didalamnya metode pembelajaran dalam dunia pendidikan khususnya sekolah dasar yang terus diarahkan pada peningkatan prestasi siswa.
Dari beberapa hasil penelitian terakhir terhadap faktor-faktor yang berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa diperoleh informasi bahwa disamping kemampua dasar siswa, factor stimulasi peran guru dengan menggunakan metode pengajaran yang sesuai memiliki keterkaitan yang kuat dengan pengalaman belajar yang merupakan proses belajar mengajar untuk emncapai tujuan pembelajaran. Penggunaan metode mengajar yang didasarkan pada pembentukan kemampuan siswa, seperti siswa memilki kreatifitas menemukan sendiri (inkuiri). Sangat penting dalam pembelajaran IPA di sekolah dasar.
Dengan metode inkuiri maka peran guru dalam pembelajaran lebih mmemungkinkan terciptanya kondisi belajar yang lebih kondusif seperti
memberikan keapada siswa kesempatanberperan aktif dalam mengolah informasi, berfikir kritis, dan bertanggungjawab.
Dalam pembelajaran siswa diberi kesempatan mengorganisasikan data, merumuskan masalah, membangun konsep, dan memecahkan masalah. Peran guru dalam pembelajaran adalah sebagai motivator, fasilisator, dan mediator yang kreatif.
Atas dasar pemikiran tersebut diatas dirasa perlu untuk melakukan penelitian tindakan kelas dengan penerapan metode inkuiri pada pelajaran IPA di kelas III SDN. 003 Nunukan Selatan dalam upaya peningkatan kualitas pembelajaran IPA yang bermuara pada peningkatan hasil belajar siswa..

IV. PERUMUSAN DAN PEMECAHAN MASALAH

A. Perumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang permasalahan sebagaimana tersebut didepan, maka rumusan permasalahan yang diajukan dalam proposal ini adalah :
Apakah melalui metode inkuiri dapat meningkatkan prestasi belajar IPA bagi siswa kelas III Sekolah Dasar Negeri 003 Nunukan Selatan ?

B. Pemecahan Masalah
Pembelajaran yang bermakna bagi siswa adalah dengan menguasai dan menemukan sendiri fakta dari konsep yang dipelajari. Penemuan sendiri akan sangat berkesan dan bertahan lama dalam diri individu yang mengalami proses tersebut. Dengan metode inkuiri diharapkan siswa akan menemukan sendiri melalui pengamatan, eksperimen, kerja kelompok, dan penemuan informasi dari sumber belajar yang memungkinkan siswa dapat menguasai dan memahami konsep dan kompetensi pembelajaran.
Ragam & MC. Aulay (1964:71) mengemukakan bahwa “Memberi pengalaman secara langsung dapat menghindari verbalisasi dan memberikan kedalaman makna atau pengertian kepada peserta didik tentang topik yang dipelajari dalam pembelajaran IPA di sekolah dasar”.
Demikian halnya dalam pembelajaran dengan menggunakan metode inkuiri guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk menemukan sendiri informasi dan pengetahuan yang bermakna dalam pembelajaran untuk dirinya sendiri. Dengan metode ini siswa akan lebih termotivasi dan lebih aktif dalam pembelajaran karena terlibat secara langsung dalam pembelajaran.

C. Hipotensis
Hipotensisi yang diajukan dalam proposal penelitian ini adalah :
“ Melalui metode inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar IPA bagi siswa kelas III SDN 003 Nunukan Selatan”

V. TUJUAN PENELITIAN

1. Tujuan Umum
Tujuan peneliti yang diharapkan dari penelitian ini menjadi masukan bagi guru dan siswa untuk meningkatkan hasil belajar.
2. Tujuan Khusus
Adapaun tujuan khusus dari penelitian ini :
“Untuk mengetahui apakah melalui metode inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar IPA bagi siswa kelas III SDN 003 Nunukan Selatan.”

VI. MANFAAT HASIL PENELITIAN
Penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi :
a. SDN 003 Nunukan Selatan
Dengan hasil penelitian ini diharapkan SD Negeri 003 Nunukan Selatan dapat menggunakan metode yang bervarisi dalam pembelajaran agar prestasi belajar siswa lebih baik dan perlu dicoba untuk diterapkan pada pelajaran lain.
b. Guru
Sebagai bahan masukan guru dalam meningkatkan mutu pendidikan di kelasnya.
c. Siswa
Sebagai bahan masukan bagi siswa untuk lebih menggali dan mencari informasi dari berbagai sumber belajar dalam rangka meningkatkan prestasi belajarnya.

VII. KAJIAN PUSTAKA

a. Landasan Teori
1. Ilmu pengetahuan Alam (IPA)
Ilmu pengetahuan alam atau sains (science) diambil dari kata latin Scientia yang arti harfiahnya adalah pengetahuan, tetapi kemudian berkembang menjadi khusus Ilmu Pengetahuan Alam atau Sains. Sund dan Trowbribge merumuskan bahwa Sains merupakan kumpulan pengetahuan dan proses.
Sedangkan Kuslan Stone menyebutkan bahwa Sains adalah kumpulan pengetahuan dan cara-cara untuk mendapatkan dan mempergunakan pengetahuan itu. Sains merupakan produk dan proses yang tidak dapat dipisahkan. "Real Science is both product and process, inseparably Joint" (Agus. S. 2003: 11)
Sains sebagai proses merupakan langkah-langkah yang ditempuh para ilmuwan untuk melakukan penyelidikan dalam rangka mencari penjelasan tentang gejala-gejala alam. Langkah tersebut adalah merumuskan masalah, merumuskan hipotesis, merancang eksperimen, mengumpulkan data, menganalisis dan akhimya menyimpulkan. Dari sini tampak bahwa karakteristik yang mendasar dari Sains ialah kuantifikasi artinya gejala alam dapat berbentuk kuantitas.


2. Belajar
Skinner berpandangan bahwa belajar adalah suatu perilaku. Pada saat orang belajar maka responya menjadi lebih baik dan sebaliknya bila tidak belajar responya menjadi menurun sedangkan menurut Gagne belajar adalah seperangkat proses kognitif yang mengubah sifat stimulasi limgkungan, melewati pengolahan informasi, menjadi kapasitas baru ( Dimyati, 2002-10). Sedangkan menurut kamus umum bahasa Indonesia belajar diartikan berusaha ( berlatih dsb )supaya mendapat suatu kepandaian ( Purwadarminta : 109 )
Belajar dalam penelitian ini diartikan segala usaha yang diberikan olh guru agar mendapat dan mampu menguasai apa yang telah diterimanya dalam hal ini adalah pelajaran Matematika.

3. Prestasi Belajar.
Prestasi belajar berasal dari kata “ prestasi “ dan “belajar’ prestasi berarti hasil yang telah dicapai (Depdikbud, 1995 : 787 ). Sedangkan pengertian belajar adalah berusaha memperoleh kepandaian atau lmu (Depdikbud, 1995 : 14 ). Jadi prestasi belajar adalah penguasaan pengetahuan atau ketrampilan yang dikembangkan oleh mata pelajaran, lazimnya ditunjukan dengan nilai atau angka yang diberikan oleh guru. Prestasi dalam penilitian yang dimaksudkan adalah nilai yang diperoleh oleh siswa pada mata pelajaran matematika dalam bentuk nilai berupa angka yang diberikan oleh guru kelasnya setelah melaksanakan tugas yang diberikan padanya.

4. Metode
Metode berasal dari Bahasa Yunani “Methodos’’ yang berarti cara atau jalan yang ditempuh. Sehubungan dengan upaya ilmiah,maka metode menyangkut masalah cara kerja untuk dapat memahami objek yang menjadi sasaran ilmu yang bersangkutan. Fungsi metode berarti sebagai alat untuk mencapai tujuan.
Jadi, metode pembelajaran dapat diartikan sebagai cara yang digunakan untuk mengimplementasikan rencana yang sudah disusun dalam bentuk kegiatan nyata dan praktis untuk mencapai tujuan pembelajaran.
Pengetahuan tentang metode-metode mengajar sangat di perlukan oleh para pendidik, sebab berhasil atau tidaknya siswa belajar sangat bergantung pada tepat atau tidaknya metode mengajar yang digunakan oleh guru.

5. Inkuiri
Inkuiri dapat diartikan sebagai penemuan sendiri berbagai informasi atau pengetahuan dengan melalui pengumpulan data, analisis dan pembuktian. Menurut Nana Sudjana (1991) mengungkapkan latihan inkuiri didasarkan atas terjadinya konfrontasi intelektual, guru memulainya dengan mengajukan situasi teka-teki kepada siswa untuk dipecahkan. Guru dalam hal ini harus berperan sebagai motivator, fasilisator, dan mediator dalam memecahkan masalah yang dihadapi dalam pembelajaran.

VIII. RENCANA DAN PROSEDUR PENELITIAN

a. Rencana Penelitian
1. Subjek penelitian
Subyek dalam peniltian ini adalah siswa kelas III SD Negeri 003 Nunukan Selatan, Kabupaten Nunukan jumlah siswa 33 orang.
Pertimbangan penulis mengambil subyek penilitiann tersebut dimana anak-anak pada umumnya selalu ingin mengetahui dan mencoba melalukan sesuatu terutama hal-hal yang beru dan dianggap menarik. Selain itu penulis pengajar di kelas III.

2. Tempat Penelitian
Dalam penilitian ini penulis mengambil lokasi di SD Negeri 003 Nunukan Selatan, Kabupaten Nunukan penulis mengambil lokasi atau tempat ini dengan pertimbangan bekerja pada sekolah tersebut, sehingga memudahkan dalam mencari data, peluang waktu yang luas dan subyek penlitian yang sangat sesuai dengan profesi penulis.

3. Waktu Penelitian
Dengan beberapa pertimbangan dan alasan penulis menentukan menggunakan waktu penelitian selama 3 bulan April s.d Juni. Waktu dari perencanaan sampai penulisan laporan hasil penelitian tersebut pada semester II Tahun pelajaran 2009/2010.

4. Lama Tidakan
Waktu untuk melaksanakan tindakan pada bulan Juni, mulai dari siklus I, Siklus II dan Siklus III.

b. Prosedur Penelitian
Prosedur penelitian yang diterapkan dalam hal ini antara lain :
1. Perencanaan
Meliputi penyampaian materi pelajaran, pengamatan, demontrasi, latian soal, pembahasan latian soal, ulangan harian.
2. Tindakan ( Action )/ Kegiatan, mencakup
a. Siklus I, meliputi : Pendahuluan, kegiatan pokok dan penutup.
b. Siklus II ( sama dengan I )
c. Siklus III ( sama dengan I dan II )
3. Refleksi, dimana perlu adanya pembahasan antara siklus – siklus tersebut untuk dapat menentukan kesimpulan atau hasil dari penelitian.

IX. JADWAL PENELITIAN

No KEGIATAN MINGGU KE……..
1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4
1 Perencanaan
2 Proses pembelajaran
3 Evaluasi
4 Pengumpulan Data
5.AnalisisData
6.PenyusunanHasil
7.PelaporanHasil

X. BIAYA PENELITIAN

Akibat yang timbul dari penelitian ini menjadi tanggung jawab peneliti, adapun biaya tersebut adalah :
1. Fotocopy Naskah :
2. Kerta folio 1 pack :
3. jilid buku :
4. Rental Komputer :
5. lain – lain
:
JUMLAH :


XI. PERSONALIA PENELITI
Penelitian ini melibatkan Tim peneliti, identitas dari Tim tersebut adalah :
Nama :
NIM :
Pekerjaan :
Tugas dalam penelitian : Pengumpulan dan Analisis Data

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar