INSTRUMEN VERIFIKASI DAN VALIDASI KURIKULUM SATUAN PENDIDIKAN (KSP)
INSTRUMEN VERIFIKASI DAN VALIDASI
KURIKULUM SATUAN PENDIDIKAN (KSP)
TAHUN AJARAN 2025/2026
Berdasarkan Permendikdasmen Nomor 13 Tahun 2025
Tentang Perubahan Atas Permendikbudristek Nomor 12 Tahun 2024 Tentang Kurikulum
Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, Dan Jenjang
Pendidikan Menengah; Panduan Pengembangan Kurikulum Satuan Pendidikan (edisi
revisi tahun 2025); Naskah Akademik
Pembelajaran Mendalam menuju Pendidikan bermutu untuk semua.
Nama Sekolah :
.............................................................................
Nama Kepala Sekolah :………………………………………………....
Alamat Sekolah : ……....…………………………………………
|
NO |
KOMPONEN DAN INDIKATOR |
HASIL VALIDASI |
CATATAN |
|||||||||||||||||
|
1 |
2 |
3 |
4 |
|
||||||||||||||||
|
I. PROSES PENYUSUNAN |
|
|
|
|
|
|||||||||||||||
|
1.1 |
Sekolah menyusun
KSP melalui proses: |
|
|
|
|
|
||||||||||||||
|
|
a. Pembentukan Tim Pengembang Kurikulum (TPK) – SK TPK |
|
|
|
|
|
||||||||||||||
|
b. Workshop review dan revisi KSP |
|
|
|
|
|
|||||||||||||||
|
c. Validasi Pengawas |
|
|
|
|
|
|||||||||||||||
|
d. SK Pemberlakuan Kurikulum |
|
|
|
|
|
|||||||||||||||
|
1.2 |
Penyusunan KSP
melibatkan stakeholder (Kepala Sekolah, Guru, Pegawai Sekolah, Komite/Perwakilan wali murid,
Dinas Pendidikan /Pengawas) |
|
|
|
|
|
||||||||||||||
|
II. SAMPUL/ HALAMAN JUDUL |
|
|
|
|
|
|||||||||||||||
|
2.1. |
Memuat Judul yang tepat KURIKULUM SATUAN PENDIDIKAN (KSP) SD/SMP
.............................. |
|
|
|
|
|
||||||||||||||
|
2.2. |
Memuat Tahun Ajaran |
|
|
|
|
|
||||||||||||||
|
2.3. |
Terdapat Logo Sekolah
dan atau Daerah |
|
|
|
|
|
||||||||||||||
|
2.4. |
Terdapat Nama, NPSN,
dan Alamat Sekolah |
|
|
|
|
|
||||||||||||||
|
III. LEMBAR
PENETAPAN DAN VALIDASI |
|
|
|
|
|
|||||||||||||||
|
3.1. |
Terdapat Rumusan/ Lembar Penetapan Kurikulum ditandatangani Kepala Sekolah,
Komite Sekolah dan disertai stempel. |
|
|
|
|
|
||||||||||||||
|
3.2. |
Terdapat Rumusan/Lembar Validasi Kurikulum ditandatangani Pengawas Sekolah |
|
|
|
|
|
||||||||||||||
|
IV. KATA
PENGANTAR |
|
|
|
|
|
|||||||||||||||
|
4. |
Pengantar Penyusunan dan atau Pengembangan
Kurikulum Satuan Pendidikan yang memuat ucapan terima kasih kepada pihak yang
berkontribusi dalam penyelesaian dokumen KSP. |
|
|
|
|
|
||||||||||||||
|
V. DAFTAR ISI |
|
|
|
|
|
|||||||||||||||
|
5. |
Memuat daftar
isi seluruh komponen yang dalam dokumen dan kesesuaian halaman. |
|
|
|
|
|
||||||||||||||
|
VI. BAB I PENDAHULUAN |
|
|
|
|
|
|||||||||||||||
|
6.1 |
A.
Latar Belakang Memuat tujuan,
prinsip-prinsip, karakteristik
pembelajaran, landasan sosilologis, filosofis dan landasan psikopedagogis |
|
|
|
|
|
||||||||||||||
|
6.2 |
B. Landasan Hukum |
|
|
|
|
|
||||||||||||||
|
|
1) UU Sisdiknas
No.20 Tahun 2023 |
|
|
|
|
|
||||||||||||||
|
|
2) PP No. 57 Tahun 2021 yang telah diubah
dengan PP No.4 Tahun 2022 tentang Standar Nasional Pendidikan |
|
|
|
|
|
||||||||||||||
|
|
3) Permendikbudristek No.12
Tahun 2024 Tentang Kurikulum pada Pendidikan
Anak Usia Dini,
Jenjang Pendidikan Dasar dan Jenjang Pendidikan Menengah |
|
|
|
|
|
||||||||||||||
|
|
4)
Permendikdasmen
No. 13 Tahun 2025 Tentang Perubahan Atas Permendikbudristek Nomor 12 Tahun
2024 |
|
|
|
|
|
||||||||||||||
|
|
5) Permendikdasmen
No. 10 Tahun 2025 tentang Standar Kompetensi Lulusan Pada
Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah |
|
|
|
|
|
||||||||||||||
|
|
6) Permendikbudristek
No. 12 Tahun 2025 tentang Standar Isi Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang
Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah |
|
|
|
|
|
||||||||||||||
|
|
7)
Permendikbudristek No. 16 Tahun 2022 tentang Standar Proses Pada Pendidikan
Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah |
|
|
|
|
|
||||||||||||||
|
|
8) Permendikbudristek
No. 21 Tahun 2022 tetang Standar Penilaian Pendidikan Pada Pendidikan Anak
Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan
Jenjang Pendidikan Menengah |
|
|
|
|
|
||||||||||||||
|
|
9) Permendikbudristek
No. 47 Tahun 2023 tentang Standar Pengelolaan Pada Pendidikan Anak Usia Dini,
Jenjang Pendidikan Dasar, dan
Jenjang Pendidikan Menengah |
|
|
|
|
|
||||||||||||||
|
|
10) Permendikbudristek No. 22 Tahun 2023
tentang Standar Sarana dan Prasarana Pada
Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah |
|
|
|
|
|
||||||||||||||
|
|
11) Permendikbudristek No. 18 Tahun 2023
tentang Standar Pembiayaan Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar,
dan Jenjang Pendidikan Menengah |
|
|
|
|
|
||||||||||||||
|
|
12) Analisis Rapor Pendidikan |
|
|
|
|
|
||||||||||||||
|
6.3. |
C. Karakteristik Satuan
Pendidikan : Menguraikan karakteristik satuan
pendidikan berdasarkan analisis konteks yang sudah dilakukan, termasuk murid,
pendidik, tenaga kependidikan, sarana dan
prasarana, dan sosial budaya. Juga menguraikan hasil analisis rapor
Pendidikan. |
|
|
|
|
|
||||||||||||||
|
VII |
BAB
II VISI, MISI
DAN TUJUAN |
|
|
|
|
|
||||||||||||||
|
7.1. |
Diawali dengan diskripsi kronologi penyusunan visi,
misi satuan pendidikan |
|
|
|
|
|
||||||||||||||
|
7.2 |
A. VISI : · Merupakan gambaran masa depan yang ingin dicapai oleh satuan Pendidikan (diselaraskan dengan 8 Dimensi Profil
Lulusan) · Menggambarkan
bagaimana peserta didik menjadi subjek dalam tujuan jangka panjang
satuan pendidikan dan nilai-nilai
yang dituju. ·
Dilengkapi diskripsi indikator visi |
|
|
|
|
|
||||||||||||||
|
7.3 |
B. MISI : ·
Menunjukkan secara jelas
bagaimana sekolah mencapai visi · Dalam bentuk
kalimat yang menunjukkan tindakan, bukan
kalimat yang menunjukkan keadaan sebagaimana pada rumusan visi · Rumusan misi
terdapat keterkaitan dengan
indikator visi · Menggambarkan upaya bersama yang berorientasi kepada
peserta didik |
|
|
|
|
|
||||||||||||||
|
7.4 |
C. TUJUAN
: · Tujuan serasi dan
mendeskripsikan misi dan nilai-nilai satuan Pendidikan · Tujuan fokus
pada hasil yang diinginkan pada peserta didik · Spesifik,terukur,dapat dicapai dalam jangka waktu tertentu (SMART) · Menjabarkan adanya
8 Dimensi Profil lulusan sesuai amanah Kemendikdasmen. |
|
|
|
|
|
||||||||||||||
|
VIII BAB III PENGORGANISASIAN PEMBELAJARAN |
|
|
|
|
|
|||||||||||||||
|
8.1 |
Diawali dengan uraian singat tentang apa itu
pengorganisasian pembejaran, apa pentingnya
untuk satpend. Serta unsur2 yang terdapat di dalam perngorganisasian
pembelajaran |
|
|
|
|
|
||||||||||||||
|
8.2 |
A. Intra
Kurikuler |
|
|
|
|
|
||||||||||||||
|
|
1) Kompetensi
: Dituangkan dalam
bentuk CP dan masih
per-fase |
|
|
|
|
|
||||||||||||||
|
|
2) Muatan : D a l a m b e n t u k mata
pelajaran dan muatan
tambahan lainnya termasuk mulok yang diajarkan setiap jenjang kelas, dan
mapel pilihan (Koding
dan Kecerdasan Artificial) |
|
|
|
|
|
||||||||||||||
|
|
3) Beban Belajar
: Jumlah jam
pelajaran per minggu
untuk setiap mata pelajaran. Dilengkapi Struktur Kurikulum. (lihat
panduan) Pengorganisasian pembelajaran perminggu atau blok. |
|
|
|
|
|
||||||||||||||
|
|
4) Asesmen
: Menerapkan Asesmen for
learning, asesmen as learning, dan asesmen of learning. Menggunakan tehnik dan
instrument beragam (tes, kuis, proyek, presentasi) untuk mengaktifasi proses
berpikir siswa. |
|
|
|
|
|
||||||||||||||
|
|
5) Tes Kemampuan Akademik |
|
|
|
|
|
||||||||||||||
|
8.3 |
B. Kokurikuler : |
|
|
|
|
|
||||||||||||||
|
|
1) Kompetensi : Ditetapkan dalam
alur kompetensi Profil
Lulusan ( 8 dimensi profil lulusan) |
|
|
|
|
|
||||||||||||||
|
|
2) Muatan : Penentuan tema per jenjang
kelas; Tim Proyek,
perencanaan proyek |
|
|
|
|
|
||||||||||||||
|
|
3) Beban Belajar : Pengaturan waktu
per jenjang kelas. Pertahun, dalam
bentuk blok atau perminggu. ( Struktur Kurikulum
) |
|
|
|
|
|
||||||||||||||
|
|
4) Bentuk : a. Kolaborasi lintas
mata pelajaran b.
Gerakan 7 Kebiasaan Anak Indonesia Hebat |
|
|
|
|
|
||||||||||||||
|
|
Mapel |
Alokasi
Intrakurikuler per tahun |
Alokasi
Kokurikuler
per tahun |
Total |
|
|
|
|
|
|||||||||||
|
|
|
|
|
|||||||||||||||||
|
|
|
|
|
|||||||||||||||||
|
|
|
|
|
|||||||||||||||||
|
|
|
|
|
|||||||||||||||||
|
8.4 |
C. Ekstra
Kurikuler |
|
|
|
|
|
||||||||||||||
|
|
1) Jenis Ekstra Kurikuler Sekolah wajib
ada ekstrakurikuler
Pramuka. |
|
|
|
|
|
||||||||||||||
|
|
2) Tujuan Spesifik
Ekstra Kurikuler |
|
|
|
|
|
||||||||||||||
|
|
3) Metode Pelaksanaan Ekstra Kurikuler
dilengkapi jadwal. (Dilaksanakan diluar jam belajar) |
|
|
|
|
|
||||||||||||||
|
|
4) Asesmen dan Evaluasi Ekstra Kurikuler |
|
|
|
|
|
||||||||||||||
|
8.5 |
D. Pembiasaan Sekolah |
|
|
|
|
|
||||||||||||||
|
|
1) Keteladanan |
|
|
|
|
|
||||||||||||||
|
|
2) Terprogram |
|
|
|
|
|
||||||||||||||
|
|
3) Rutin |
|
|
|
|
|
||||||||||||||
|
|
4) Spontan |
|
|
|
|
|
||||||||||||||
|
8.6 |
E. Pengembangan Pembelajaran Mendalam |
|
|
|
|
|
||||||||||||||
|
8.7. |
F. Kalender Pendidikan |
|
|
|
|
|
||||||||||||||
|
IX |
BAB IV PERENCANAAN PEMBELAJARAN |
|
|
|
|
|
||||||||||||||
|
9.1 |
Diawali dengan uraian
terkait kebijakan pembelajaran mendalam, beserta 4 kerangka
Pembelajaran Mendalam (Profil Lulusan, Prinsip, Pengalaman Belajar, Kerangka Pembelajaran). |
|
|
|
|
|
||||||||||||||
|
9.2 |
A. Rencana pembelajaran untuk ruang lingkup satuan
pendidikan Mendiskripsikan CP, Penyusunan Alur Tujuan
Pembelajaran atau silabus masing-masing mata
pelajaran |
|
|
|
|
|
||||||||||||||
|
9.3 |
B. Rencana pembelajaran untuk ruang lingkup kelas Mendiskripsikan penyusunan Perencanaan Pembelajaran (RPP atau Modul Ajar )Di contoh
Perencanaan Pembelajaran sudah mengintegrasikan dengan
Pembelajaran Mendalam. Komponen Minimum
Perencanaan Pembelajaran : (1) Dimensi Profil
Lulusan; (2) Prinsip belajar; (3) Pengalaman Belajar; (4) Kerangka Pembelajaran. |
|
|
|
|
|
||||||||||||||
|
9.4 |
C. Rencana Asesmen Menguraikan asesmen pada
mata pelajaran |
|
|
|
|
|
||||||||||||||
|
X |
BAB V EVALUASI
, PENGEMBANGAN PROFESIONAL
DAN PENDAMPINGAN |
|
|
|
|
|
||||||||||||||
|
10.1 |
A. Evaluasi Menguraikan strategi cara evaluasi KSP, personil yang terlibat dalam
evaluasi |
|
|
|
|
|
||||||||||||||
|
10.2 |
B. Pengembangan Profesional Menjabarkan Rencana
Peningkatan Profesional Guru Berdasarkan rencana pengembangan satuan pendidikan |
|
|
|
|
|
||||||||||||||
|
10.3 |
C. Pendampingan Menjabarkan peran pendampingan, strategi pendampingan dan waktu pelaksanaan pendampingan |
|
|
|
|
|
||||||||||||||
|
XI |
BAB VI. PENUTUPAN Memuat rangkuman
tujuan dan capaian kurikulum , menekankan pentingnya evaluasi
dan pengembangan berkelanjutan serta menggarisbawahi komitmen dan dukungan
seluruh pemangku kepentingan disertai dengan harapan kedepan |
|
|
|
|
|
||||||||||||||
|
XI |
DAFTAR PUSTAKA |
|
|
|
|
|
||||||||||||||
|
11.1 |
Regulasi |
|
|
|
|
|
||||||||||||||
|
11.2 |
Panduan Kurikulum Satuan Pendidikan |
|
|
|
|
|
||||||||||||||
|
XII |
LAMPIRAN |
|
|
|
|
|
||||||||||||||
|
|
Lampiran ini
dapat berupa file atau
link dalam google drive
atau website atau
dapat berupa contoh untuk mapel tertentu |
|
|
|
|
|
||||||||||||||
|
12.1 |
Kalender Akademik |
|
|
|
|
|
||||||||||||||
|
12.2 |
Capaian Pembelajaran |
|
|
|
|
|
||||||||||||||
|
12.3 |
Contoh Alur Tujuan Pembelajaran |
|
|
|
|
|
||||||||||||||
|
12.4 |
Contoh Modul
Ajar |
|
|
|
|
|
||||||||||||||
|
12.5 |
Contoh Modul Projek
Kolaborasi Lintas Mata Pelajaran |
|
|
|
|
|
||||||||||||||
|
12.6 |
Jadwal Pelajaran |
|
|
|
|
|
||||||||||||||
|
12.7 |
SK. Tim Pengembang Kurikulum |
|
|
|
|
|
||||||||||||||
|
12.8 |
Dokumen daftar hadir rapat, workshop penyusunan KSP dan atau
Review / Revisi KSP |
|
|
|
|
|
||||||||||||||
|
12.9 |
Dokumen
Foto |
|
|
|
|
|
||||||||||||||
|
|
JUMLAH |
|
|
|
|
|
||||||||||||||
|
|
NILAI |
|
|
|
|
|
||||||||||||||
|
|
PREDIKAT / RITERIA |
|
|
|
|
|
||||||||||||||
|
Keterangan: Predikat: |
|
|
|
|
|||||||||||||||
|
Nilai |
91 -100 |
Amat Baik |
|
|
|
||||||||||||||
|
Nilai |
81- 90 |
Baik |
|
|
|
||||||||||||||
|
Nilai |
71 – 80 |
Cukup |
|
|
|
||||||||||||||
|
Nilai |
≤ 70 |
Kurang |
|
|
|
||||||||||||||
|
Rekomendasi : |
|
|
|
|
|
||||||||||||||
Nunukan,........... 2025
Pengawas Sekolah ,
Komentar
Posting Komentar