INSTRUMEN VERIFIKASI DAN VALIDASI KURIKULUM SATUAN PENDIDIKAN (KSP)

 

                                                     INSTRUMEN VERIFIKASI DAN VALIDASI

                                                    KURIKULUM SATUAN PENDIDIKAN (KSP)

                                                               TAHUN AJARAN 2025/2026

 

Berdasarkan Permendikdasmen Nomor 13 Tahun 2025 Tentang Perubahan Atas Permendikbudristek Nomor 12 Tahun 2024 Tentang Kurikulum Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, Dan Jenjang Pendidikan Menengah; Panduan Pengembangan Kurikulum Satuan Pendidikan (edisi revisi tahun 2025);    Naskah Akademik Pembelajaran Mendalam menuju Pendidikan bermutu untuk semua.

 

Nama Sekolah                        : .............................................................................

Nama Kepala Sekolah           :………………………………………………....

Alamat Sekolah                     : ……....…………………………………………

 

 

NO

 

KOMPONEN DAN INDIKATOR

HASIL

VALIDASI

CATATAN

1

2

3

4

 

I.          PROSES PENYUSUNAN

 

 

 

 

 

1.1

Sekolah menyusun KSP melalui proses:

 

 

 

 

 

 

a. Pembentukan Tim Pengembang Kurikulum (TPK) – SK TPK

 

 

 

 

 

b.  Workshop review dan revisi KSP

 

 

 

 

 

c.  Validasi Pengawas

 

 

 

 

 

d. SK Pemberlakuan Kurikulum

 

 

 

 

 

1.2

Penyusunan KSP melibatkan stakeholder (Kepala Sekolah, Guru, Pegawai Sekolah, Komite/Perwakilan wali murid, Dinas Pendidikan /Pengawas)

 

 

 

 

 

II.        SAMPUL/ HALAMAN JUDUL

 

 

 

 

 

2.1.

Memuat Judul yang tepat

KURIKULUM SATUAN PENDIDIKAN (KSP)

SD/SMP ..............................

 

 

 

 

 

2.2.

Memuat Tahun Ajaran

 

 

 

 

 

2.3.

Terdapat Logo Sekolah dan atau Daerah

 

 

 

 

 

2.4.

Terdapat Nama, NPSN, dan Alamat Sekolah

 

 

 

 

 

III.      LEMBAR PENETAPAN DAN VALIDASI

 

 

 

 

 

3.1.

Terdapat Rumusan/ Lembar Penetapan Kurikulum ditandatangani Kepala Sekolah, Komite Sekolah dan disertai stempel.

 

 

 

 

 

3.2.

Terdapat Rumusan/Lembar Validasi Kurikulum ditandatangani Pengawas Sekolah

 

 

 

 

 

IV.       KATA PENGANTAR

 

 

 

 

 

4.

Pengantar Penyusunan dan atau Pengembangan Kurikulum Satuan Pendidikan yang memuat ucapan terima kasih kepada pihak yang berkontribusi dalam penyelesaian dokumen KSP.

 

 

 

 

 

V.        DAFTAR ISI

 

 

 

 

 

5.

Memuat daftar isi seluruh komponen yang dalam dokumen dan kesesuaian halaman.

 

 

 

 

 

VI.       BAB I     PENDAHULUAN

 

 

 

 

 

6.1

A. Latar Belakang

Memuat tujuan, prinsip-prinsip, karakteristik pembelajaran, landasan sosilologis, filosofis dan landasan psikopedagogis

 

 

 

 

 

6.2

B. Landasan Hukum

 

 

 

 

 

 

  1) UU Sisdiknas No.20 Tahun 2023

 

 

 

 

 

 

2) PP No. 57 Tahun 2021 yang telah diubah dengan PP No.4 Tahun 2022 tentang Standar Nasional Pendidikan

 

 

 

 

 

 

3) Permendikbudristek No.12 Tahun 2024 Tentang Kurikulum pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar dan Jenjang Pendidikan Menengah

 

 

 

 

 

 

4)     Permendikdasmen No. 13 Tahun 2025 Tentang Perubahan Atas Permendikbudristek Nomor 12 Tahun 2024

 

 

 

 

 

 

5) Permendikdasmen No. 10 Tahun 2025 tentang Standar Kompetensi Lulusan Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah

 

 

 

 

 

 

6) Permendikbudristek No. 12 Tahun 2025 tentang Standar Isi Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah

 

 

 

 

 

 

7) Permendikbudristek No. 16 Tahun 2022 tentang Standar Proses Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah

 

 

 

 

 

 

8) Permendikbudristek No. 21 Tahun 2022 tetang Standar Penilaian Pendidikan Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah

 

 

 

 

 

 

9) Permendikbudristek No. 47 Tahun 2023 tentang Standar Pengelolaan Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah

 

 

 

 

 

 

 10) Permendikbudristek No. 22 Tahun 2023 tentang Standar Sarana dan Prasarana Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah

 

 

 

 

 

 

11) Permendikbudristek No. 18 Tahun 2023 tentang Standar Pembiayaan Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah

 

 

 

 

 

 

  12) Analisis Rapor Pendidikan

 

 

 

 

 

6.3.

C. Karakteristik Satuan Pendidikan : Menguraikan karakteristik satuan pendidikan berdasarkan analisis konteks yang sudah dilakukan, termasuk murid, pendidik, tenaga kependidikan, sarana dan prasarana, dan sosial budaya. Juga menguraikan hasil analisis rapor Pendidikan.

 

 

 

 

 

VII

BAB II VISI, MISI DAN TUJUAN

 

 

 

 

 

7.1.

Diawali dengan diskripsi kronologi penyusunan visi, misi satuan pendidikan

 

 

 

 

 

7.2

A. VISI :

·       Merupakan gambaran masa depan yang ingin dicapai oleh satuan Pendidikan (diselaraskan dengan 8 Dimensi Profil Lulusan)

·       Menggambarkan bagaimana peserta didik menjadi subjek dalam tujuan jangka panjang satuan pendidikan dan nilai-nilai yang dituju.

·       Dilengkapi diskripsi indikator visi

 

 

 

 

 

7.3

B. MISI :

·      Menunjukkan secara jelas bagaimana sekolah mencapai visi

·       Dalam bentuk kalimat yang menunjukkan tindakan, bukan kalimat yang menunjukkan keadaan sebagaimana pada rumusan visi

·       Rumusan misi terdapat keterkaitan dengan indikator visi

·       Menggambarkan upaya bersama yang berorientasi kepada peserta didik

 

 

 

 

 

7.4

C. TUJUAN :

·       Tujuan serasi dan mendeskripsikan misi dan nilai-nilai satuan Pendidikan

·       Tujuan fokus pada hasil yang diinginkan pada peserta didik

·       Spesifik,terukur,dapat dicapai dalam jangka waktu tertentu (SMART)

·       Menjabarkan adanya 8 Dimensi Profil lulusan sesuai amanah Kemendikdasmen.

 

 

 

 

 

 

VIII     BAB III  PENGORGANISASIAN

PEMBELAJARAN

 

 

 

 

 

8.1

Diawali dengan uraian singat tentang apa itu pengorganisasian pembejaran, apa pentingnya untuk satpend. Serta unsur2 yang terdapat di dalam perngorganisasian pembelajaran

 

 

 

 

 

 

 

8.2

A. Intra Kurikuler

 

 

 

 

 

 

1) Kompetensi :

Dituangkan dalam bentuk CP dan masih per-fase

 

 

 

 

 

 

     2) Muatan :

D a l a m b e n t u k mata pelajaran dan muatan tambahan lainnya termasuk mulok yang diajarkan setiap jenjang kelas, dan mapel pilihan (Koding dan Kecerdasan Artificial)

 

 

 

 

 

 

3) Beban Belajar :

Jumlah jam pelajaran per minggu untuk setiap mata pelajaran. Dilengkapi Struktur Kurikulum. (lihat panduan) Pengorganisasian pembelajaran perminggu atau blok.

 

 

 

 

 

 

4) Asesmen :

Menerapkan Asesmen for learning, asesmen as learning, dan asesmen of learning. Menggunakan tehnik dan instrument beragam (tes, kuis, proyek, presentasi) untuk mengaktifasi proses berpikir siswa.

 

 

 

 

 

 

5) Tes Kemampuan Akademik

 

 

 

 

 

8.3

 B. Kokurikuler :

 

 

 

 

 

 

1) Kompetensi :

Ditetapkan dalam alur kompetensi Profil Lulusan ( 8 dimensi profil lulusan)

 

 

 

 

 

 

2) Muatan :

Penentuan tema per jenjang kelas; Tim Proyek, perencanaan proyek

 

 

 

 

 

 

3) Beban Belajar :

Pengaturan waktu per jenjang kelas.

Pertahun, dalam bentuk blok atau perminggu. ( Struktur Kurikulum )

 

 

 

 

 

 

4) Bentuk :

a.     Kolaborasi lintas mata pelajaran

b.     Gerakan 7 Kebiasaan Anak Indonesia Hebat

 

 

 

 

 

 

Mapel

Alokasi Intrakurikuler per tahun

Alokasi Kokurikuler per tahun

Total

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

8.4

C. Ekstra Kurikuler

 

 

 

 

 

 

1) Jenis Ekstra Kurikuler

Sekolah wajib ada ekstrakurikuler Pramuka.

 

 

 

 

 

 

2) Tujuan Spesifik Ekstra Kurikuler

 

 

 

 

 

 

3) Metode Pelaksanaan Ekstra Kurikuler dilengkapi jadwal. (Dilaksanakan diluar jam belajar)

 

 

 

 

 

 

4) Asesmen dan Evaluasi Ekstra Kurikuler

 

 

 

 

 

8.5

D. Pembiasaan Sekolah

 

 

 

 

 

 

1) Keteladanan

 

 

 

 

 

 

2) Terprogram

 

 

 

 

 

 

3) Rutin

 

 

 

 

 

 

4) Spontan

 

 

 

 

 

8.6

E. Pengembangan Pembelajaran Mendalam

 

 

 

 

 

8.7.

F. Kalender Pendidikan

 

 

 

 

 

IX

BAB IV      PERENCANAAN PEMBELAJARAN

 

 

 

 

 

9.1

Diawali dengan uraian terkait kebijakan pembelajaran mendalam, beserta 4 kerangka Pembelajaran Mendalam (Profil Lulusan, Prinsip, Pengalaman Belajar, Kerangka Pembelajaran).

 

 

 

 

 

9.2

A. Rencana pembelajaran untuk ruang lingkup satuan pendidikan

Mendiskripsikan CP, Penyusunan Alur Tujuan Pembelajaran atau silabus masing-masing mata pelajaran

 

 

 

 

 

9.3

B. Rencana pembelajaran untuk ruang lingkup kelas

Mendiskripsikan penyusunan Perencanaan Pembelajaran (RPP atau Modul Ajar )Di contoh Perencanaan Pembelajaran sudah mengintegrasikan dengan Pembelajaran Mendalam.

Komponen Minimum Perencanaan Pembelajaran : (1) Dimensi Profil Lulusan;

(2) Prinsip belajar; (3) Pengalaman Belajar; (4) Kerangka Pembelajaran.

 

 

 

 

 

9.4

C. Rencana Asesmen

Menguraikan asesmen pada mata pelajaran

 

 

 

 

 

 

X

BAB V    EVALUASI , PENGEMBANGAN PROFESIONAL DAN PENDAMPINGAN

 

 

 

 

 

10.1

A. Evaluasi

Menguraikan strategi cara evaluasi KSP, personil yang terlibat dalam evaluasi

 

 

 

 

 

10.2

B. Pengembangan Profesional Menjabarkan Rencana Peningkatan Profesional Guru Berdasarkan rencana

pengembangan satuan pendidikan

 

 

 

 

 

10.3

C. Pendampingan

Menjabarkan peran pendampingan, strategi pendampingan dan waktu pelaksanaan pendampingan

 

 

 

 

 

XI

BAB VI. PENUTUPAN

Memuat rangkuman tujuan dan capaian kurikulum , menekankan pentingnya evaluasi dan pengembangan berkelanjutan serta menggarisbawahi komitmen dan dukungan seluruh pemangku kepentingan disertai dengan harapan kedepan

 

 

 

 

 

XI

 DAFTAR PUSTAKA

 

 

 

 

 

11.1

Regulasi

 

 

 

 

 

11.2

Panduan Kurikulum Satuan Pendidikan

 

 

 

 

 

XII

  LAMPIRAN

 

 

 

 

 

 

Lampiran ini dapat berupa file atau link

dalam google drive atau website atau dapat berupa contoh untuk mapel tertentu

 

 

 

 

 

12.1

Kalender Akademik

 

 

 

 

 

12.2

Capaian Pembelajaran

 

 

 

 

 

12.3

Contoh Alur Tujuan Pembelajaran

 

 

 

 

 

12.4

Contoh Modul Ajar

 

 

 

 

 

12.5

Contoh Modul Projek Kolaborasi Lintas Mata Pelajaran

 

 

 

 

 

12.6

Jadwal Pelajaran

 

 

 

 

 

12.7

SK. Tim Pengembang Kurikulum

 

 

 

 

 

12.8

Dokumen daftar hadir rapat, workshop penyusunan KSP dan atau Review / Revisi KSP

 

 

 

 

 

12.9

Dokumen Foto

 

 

 

 

 

 

JUMLAH

 

 

 

 

 

 

NILAI

 

 

 

 

 

 

PREDIKAT / RITERIA

 

 

 

 

 

 

Keterangan:

Predikat:

 

 

 

 

 

Nilai

91 -100

Amat Baik

 

 

 

 

Nilai

81- 90

Baik

 

 

 

 

Nilai

71 – 80

Cukup

 

 

 

 

Nilai

70

Kurang

 

 

 

 

 

Rekomendasi :

 

 

 

 

 


Nunukan,........... 2025

Pengawas Sekolah ,

 

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Volume Bangun Ruang Kubus

Proposal Kegiatan UKS

Proposal PTK IPA Kelas III