Skripsi Hubungan Pendidikan Keluarga dengan Akhlak Remaja


D.    Definisi Operasional
Sesuai dengan variable dalam penelitian ini adalah variable ganda yaitu sejauhmana hubungan antara pendidikan lingkungan keluarga dengan akhlak remaja di  RT. 01 Sedadap Kelurahan Nunukan Selatan Kecamatan Nunukan Selatan Kabupaten Nunukan.
Pendidikan adalah usaha sadar yang lakukan oleh orang dewasa untuk membimbing dan mengarahkan anak didik agar mempunyai kepribadian utama.
  Lingkungan keluarga adalah kelompok orang yang ada hubungan darah atau perkawinan, terbentuk karena adanya perkawinan pria dan wanita yang terdiri dari bapak, ibu dan anak-anaknya.
Jadi pendidikan lingkungan keluarga adalah proses bimbingan yang didapatkan anak didalam lingkungan kelurga untuk menjadi manusia yang yang berkepribadian utama.
Akhlak ialah budi pekerti, perangai, tingkah laku atau tabiat.
Remaja ialah anak yang berusia antara umur  13-21 tahun.
Jadi akhlak remaja ialah tingkah laku yang anak yang berusia 13-21 tahun.
Secara operasional dapat didefinisikan variabel tersebut melalui indikator-indikator. Karena pengertian pendidikan agama Islam pada lingkungan keluarga dan akhlak sangat luas sekali, maka penulis memberikan batasan-batasan sebagaimana yang dapat dilihat di bawah ini.
Sebagai indikator- indikator variabel pendidikan lingkungan keluarga (Independent Variabel) adalah:   
1.      Keadaan pendidikan dalam keluarga
2.      Tingkat pendidikan orang tua
3.      Suasana keagamaan dalam keluarga
4.      Keadaan ekonomi keluarga
Sedangkan indikator-indikator variabel akhlak remaja (Dependent Variabel) adalah :
1.      Hubungan remaja dengan orang tua
2.      Hubungan remaja dengan teman-teman sepergaulan
3.      Hubungan remaja dengan masyarakat
4.      Kepatuhan remaja dalam melaksanakan kreatifitas kegiatan hari besar Islam.

E.     Alasan Memilih Judul.
Adapun beberapa pertimbangan yang menjadi alasan penulis dalam mengangkat penelitian dengan   judul diatas antara lain :
1.      Judul ini menurut penulis layak untuk diangkat dalam tema penelitian, karena hubungan antara dua variabel sangat memungkinkan.
2.      Judul ini sangat relevan dengan upaya para keluarga  khususnya di RT. 01 Sedadap Kelurahan Nunukan Selatan Kecamatan Nunukan Selatan Kabupaten Nunukan dalam meningkatkan kehidupan remaja yang Islami
Sepengetahuan penulis belum ada yang meneliti khususnya di RT. 01 Sedadap Kelurahan Nunukan Selatan Kecamatan Nunukan Selatan Kabupaten Nunukan ttentang hubungan antara pendidikan agama Islam dalam lingkungan  keluarga dengan akhlak remaja.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengajarkan Mencari Volume Bangun Ruang Balok

Mengajarkan Mencari Volume Bangun Ruang Limas

Proposal PTK IPA Kelas III