KISI-KISI UASBN MATEMATIKA SD/MI TAHUN 2010


KISI-KISI UASBN MATEMATIKA SD/MI TAHUN 2010


Standar Kompetensi Lulusan
Kemampuan yang Diuji
Indikator
1.
Memahami konsep dan operasi hitung bilangan serta dapat menggunakannnya dalam
kehidupan sehari-hari.
Menentukan hasil operasi hitung
bilangan bulat, dan menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari
1.    Menentukan hasil operasi hitung penjumlahan dan pengurangan pada bilangan cacah
2.    Menentukan hasil operasi hitung perkalian dan pembagian pada bilangan cacah
3.    Menentukan hasil operasi hitung campuran pada bilangan bulat
4.    Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan operasi hitung penjumlahan dan pengurangan pada bilangan bulat
5.    Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan operasi hitung perkalian dan pembagian pada bilangan cacah
Menentukan hasil operasi hitung
bilangan pecahan dan menggunakan dalam kehidupan sehari-hari

6.    Menentukan hasil operasi hitung penjumlahan atau pengurangan pecahan biasa dan campuran
7.    Menentukan hasil operasi hitung penjumlahan atau pengurangan pecahan desimal
8.    Menentukan hasil perkalian atau pembagian pecahan biasa dan campuran
9.    Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan operasi hitung campuran bilangan pecahan (biasa, campuran, dan desimal)
Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan persen
10. Menyelesaikan soal cerita yang di dalamnya menggunakan persen
Menyelesaikan masalah yang menggunakan kelipatan  persekutuan terkecil (KPK)
11. Menentukan nilai KPK dari tiga bilangan dua angka
12. Menyelesaikan soal cerita yang di dalamnya menggunakan KPK
Menyelesaikan masalah yang menggunakan faktor persekutuan terbesar (FPB)
13. Menentukan nilai FPB dari tiga bilangan dua angka
14. Menyelesaikan soal cerita yang di dalamnya menggunakan FPB
Memecahkan masalah yang berkaitan dengan perbandingan dan skala
15. Menyelesaikan soal cerita yang menggunakan perbandingan
16. Menyelesaikan soal cerita yang menggunakan perhitungan skala
Menentukan hasil operasi hitung dan memecahkan masalah yang berkaitan dengan akar pangkat dua dan pangkat dua
17. Menentukan hasil operasi hitung penjumlahan atau pengurangan bilangan pangkat dua dan akar pangkat dua
18. Diketahui luas sebuah persegi, siswa dapat menghitung panjang sisinya
2.
Memahami konsep ukuran dan pengukur-an berat, panjang, luas,
dan volume waktu serta penggunaannya dalam pemecahan masalah kehidupan sehari-hari.
Menentukan hasil operasi hitung yang berkaitan dengan satuan waktu, panjang, berat, luas, volume dalam pemecahan
masalah sehari-hari

19. Menyelesaikan soal cerita sederhana yang berkaitan dengan operasi hitung penjumlahan atau pengurangan satuan waktu yang berbeda
20. Menyelesaikan soal cerita sederhana yang berkaitan dengan penjumlahan atau pengurangan pada dua atau lebih satuan panjang yang berbeda
21. Menyelesaikan soal cerita sederhana yang berkaitan dengan operasi hitung dari beberapa satuan berat yang berbeda
22. Menyelesaikan soal cerita sederhana yang berkaitan dengan operasi hitung dari beberapa satuan luas yang berbeda
23. Menyelesaikan soal cerita sederhana yang berkaitan dengan operasi hitung dari beberapa satuan volume yang berbeda
Memecahkan masalah yang berkaitan dengan jarak, kecepatan, dan waktu
24. Menyelesaikan soal cerita sederhana yang berkaitan dengan jarak, kecepatan, dan waktu
3.
Memahami konsep, sifat dan unsur-unsur bangun geometri
dapat menghitung besar besaran yang terkait dengan bangun geometri (2D/3D) memahami konsep transformasi bangun
datar, serta dapat menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari.
Menentukan sifat dan unsur bangun geometri dua dimensi atau tiga dimensi serta menentukan hasil transformasi
bangun datar
25. Menentukan nama suatu bangun datar berdasarkan sifat-sifat bangun yang diketahui
26. Menentukan banyaknya rusuk dari suatu gambar bangun ruang yang disajikan
27. Menentukan hasil pencerminan dari gambar suatu bangun datar yang disajikan
28. Menentukan hasil bayangan dari rotasi bangun datar dengan pusat putaran ditentukan
29. Menentukan sumbu simetri lipat dari gambar bangun datar yang disajikan
Menentukan luas dan keliling serta pemecahan masalah yang berkaitan dengan luas dan keliling bangun datar

30. Menentukan keliling dari gambar gabungan dua bangun datar yang disajikan beserta ukurannya
31. Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan keliling bangun datar
32. Menentukan luas dari gambar gabungan dua bangun datar yang disajikan beserta ukurannya
Menentukan bentuk jaring-jaring bangun ruang
33. Menentukan bentuk jaring-jaring kubus atau balok
Menentukan volume bangun ruang

34. Menentukan volume dari gabungan dua bangun ruang sisi datar (balok dan kubus) yang disajikan beserta ukurannya
Menentukan luas permukaan dari bangun ruang
35. Menentukan luas permukaan bangun ruang sisi datar (kubus atau balok) dari gambar yang diberikan
4.
Memahami konsep koordinat untuk menentukan letak benda dan dapat menggunakannya
dalam pemecahan masalah.
Menentukan letak titik pada bidang koordinat yang berhubungan dengan sifat bangun datar
36. Menentukan letak salah satu titik koordinat dari suatu bangun datar yang terletak pada diagram kartesius
5.
Memahami konsep pengumpulan data, penyajian data dengan tabel dan grafik, mengurutkan data, menghitung rata-rata serta menerapkan dalam pemecahan masalah kehidupan sehari-hari.
Membaca dan menafsirkan unsur dalam diagram batang dan diagram lingkaran
37. Menentukan salah satu unsur yang belum diketahui dari gambar diagram batang yang disajikan
38. Menentukan salah satu unsur yang belum diketahui dari gambar diagram lingkaran yang disajikan
Menghitung nilai rata-rata dan modus yang berkaitan dengan pemecahan masalah
39. Menentukan nilai rata-rata dari sekumpulan data yang disediakan
40. Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan modus dari sekumpulan data yang disediakan



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengajarkan Mencari Volume Bangun Ruang Balok

Mengajarkan Mencari Volume Bangun Ruang Limas

Proposal PTK IPA Kelas III