Gejala Hidup pada Hewan dan Tumbuhan


 Gejala Hidup pada Hewan dan Tumbuhan

Jika kita menyemaikan biji jagung di dalam pot, maka biji jagung akan berkecambah dan tumbuh menjadi tanaman jagung. Tanaman tersebut setelah tumbuh menjadi tanaman dewasa dan dapat menghasilkan biji yang dapat ditanam lagi. Pertumbuhan biji jagung menjadi kecambah, kemudian menjadi tanaman dewasa menunjukkan adanya gejala hidup. Jika tanaman itu kita bandingkan dengan pot tempat menanam jelas berbeda, karena pot tidak dapat tumbuh atau berkembang biak.


Gambar 1: Gejala hidup pada biji
 
Berdasarkan contoh-contoh di atas, jelas dapat dibedakan antara makhluk hidup dan benda tak hidup. Ciri-ciri yang dimiliki oleh makhluk hidup tidak terdapat pada benda tak hidup.
Apakah perbedaan antara benda hidup dan benda tak hidup? Secara umum sudah diketahui bagaimana cara membedakan makhluk hidup dengan benda tak hidup. Makhluk hidup perlu makan, tumbuh, bergerak, dan berkembang biak. Ciri-ciri tersebut masih belum lengkap, karena untuk menentukan suatu benda termasuk makhluk hidup atau bukan, harus memenuhi ciri-ciri yang lengkap dan tidak boleh dihilangkan salah satu cirinya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengajarkan Mencari Volume Bangun Ruang Balok

Mengajarkan Mencari Volume Bangun Ruang Limas

Proposal PTK IPA Kelas III