A. VOLUME KUBUS Langkah-langkah mencari volume balok adalah sebagai berikut: - Guru memperkenalkan macam-macam bangun ruang Guru menanyakan kepada siswa tentang macam-macam bangun ruang, seperti: kubus, balok, limas, tabung, kerucut, dan bola. - Memperkenalkan kepada siswa bangun ruang kubus dengan alat peraga - Menjelaskan kepada siswa tentang pengertian volume Volume sama dengan isi penuh suatu bangun ruang dilambangkan dengan satuan m3 (meter kubik) - Membahas bagian-bagian kubus Kubus terdiri dari panjang (p), lebar (l), dan tinggi (t) - Memperagakan cara mencari volume kubus dengan kubus satuan
BAB I PENDAHULUAN A. Latar belakang Pembangunan nasional pada hakekatnya adalah pembangunan manusia Indonesia yang berkualitas. Salah satu upaya yang strategis untuk meningkatkan kualitas manusia Indonesia adalah dengan pendidikan. Kualitas pendidikan berkaitan erat dengan sumber daya manusia yang berkualitas pula. Sumber daya manusia yang berkualitas adalah yang memiliki jasmani dan rokhani yang sehat. Upaya pengembangan sumber daya manusia yang berkualitas dan sehat antara lain dengan melaksanakan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS). Program UKS dilaksanakan pada semua jenis dan jenjang pendidikan, termasuk sekolah. Sekolah sudah mempunyai prinsip bahwa kebersihan itu adalah bagian dari iman, jadi kalau ada sekolah kurang bersih maka kita patut bertanya imannya itu seperti apa? Komunitas sekolah pada umumnya manusia yang mencintai keshatan salah satunya adalah menekankan pentingnya gaya hidup sehat, bersih, indah dan teratur. Oleh ...
PROPOSAL PENELITIAN TINDAKAN KELAS I. JUDUL UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI METODE INKUIRI BAGI SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI 003 NUNUKAN SELATAN II. BIDANG KAJIAN Pembelajaran IPA dan Metode Inkuiri. III. PENDAHULUAN A. Latar Belakang Perkembangan ilmu pengetahuan dan tehnologi dewasa ini, memberi dampak yang sangat luas di segala aspek kehidupan manusia terutama dibidang pendidikan terutama didalamnya metode pembelajaran dalam dunia pendidikan khususnya sekolah dasar yang terus diarahkan pada peningkatan prestasi siswa. Dari beberapa hasil penelitian terakhir terhadap faktor-faktor yang berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa diperoleh informasi bahwa disamping kemampua dasar siswa, factor stimulasi peran guru dengan menggunakan metode pengajaran yang sesuai memiliki keterkaitan yang kuat dengan pengalaman belajar yang merupakan proses belajar mengajar untuk emncapai tujuan pembelajaran. Penggunaan metode mengajar yang didasarkan pada pembentukan kemampuan ...
Komentar
Posting Komentar