PTK Bahasa Indonesia Kelas VI

Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Siswa Melalui Model Pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD) Di Kelas VI C SDN 003 Berjaya.

 

SDN 003 Berjaya proses pembelajaran Bahasa Indonesia diajarkan dengan model pembelajaran konvensional dan penggunakan model pembelajaran kurang dimaksimalkan mengakibatkan minat dan perhatian siswa berkurang. Akibat kurangnya minat dan perhatian siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia membuat hasil belajar siswa kurang memuaskan. suatu tindakan alternatif untuk mengatasi masalah yang ada berupa penerapan model pembelajaran lain yang lebih mengutamakan keaktifan siswa dan memberi kesempatan siswa untuk mengembangkan potensinya secara maksimal. Salah satu model pembelajaran yang mengutamakan keaktifan siswa adalah menggunakan Model Pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD).

Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatkan keterampilan berbahasa siswa melalui model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD) di Kelas VI C SDN 003 Berjaya. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, yang masing-masing siklus terdiri atas tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi: hasil belajar siswa yang diambil dari pemberian soal tes pada akhir siklus, dan aktivitas siswa dalam pembelajaran yang diambil dari lembar observasi, Penelitian ini dilaksanakan mulai tanggal 25 Juli 2016 sampai dengan 25 Agustus 2016 dengan 4 kali pertemuan dalam 2 siklus. Subyek penelitian adalah siswa kelas VI C SDN 003 Berjaya yang berjumlah 34 siswa.

Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan, pada siklus I diperoleh rata-rata prestasi belajar siswa sebesar 66,08 dan persentase ketuntasan belajar sebesar 67,65%. Pada siklus II diperoleh rata-rata prestasi belajar siswa sebesar 74,90 dan persentase ketuntasan belajar sebesar 88,24%. Dari hasil penelitian  menunjukkan bahwa terjadi peningkatan keterampilan berbahasa siswa melalui model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD) pada kompetensi dasar menyampaikan pesan/informasi yang diperoleh dari berbagai media  dengan bahasa yang runtut, baik dan benar di kelas VI C SDN 003 Berjaya.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengajarkan Mencari Volume Bangun Ruang Balok

Mengajarkan Mencari Volume Bangun Ruang Limas

Proposal PTK IPA Kelas III