Cara Menagani Anak Kesulitan Belajar

rel="colorSchemeMapping">
 Cara Menagani Anak Kesulitan Belajar
Anak yang mengalami kesulitan belajar biasanya ditandai dengan hasil belajar yang rendah dan  penyebabnya dari berbagai faktor. Secara garis besar dapat digolongkan:
a. Faktor internal, berasal dari dalam diri anak berupa: kurangnya motivasi, malas, kurang semagat, tidak ada kemauan, penyakit, cacat tubuh, dsb.
b. Faktor eksternal, berasal dari luar diri anak berupa: lingkungan keluarga (keluarga tidak harmonis, broken home, keluarga tidak mampu), lingkungan sosial (lingkungan pergaulan/masyarakat kurang mendukung), dan lingkungan sekolah (sarana/prasarana sekolah kurang, metode mengajar guru, tidak memperhatikan perbedaan karakteristik anak).

Berdasarkan pengalaman saya, mengatasi anak yang mengalami kesulitan belajar dengan cara:

a. Melakukan pendekatan yang tepat
Pendekatan yang tepat merupakan langkah untuk mengenal masalah kesulitan belajar anak. Dengan pendekatan yang tepat anak akan berbagi masalahnya, sehingga guru dapat menentukan langkah yang tepat mengatasi kesulitan belajarnya.
b. Mengidentifikasi kesulitan belajar anak
Anak yang mengalami kesulitan belajar mempunyai permasalahan yang berbeda, oleh karena itu untuk mengatasinya guru seharusnya mengidentifikasi terlebih dahulu kesulitan belajar anak untuk dapat menemukan solusi yang tepat mengatasi kesulitan belajar anak.
c. Memberi motivasi
Memberikan motivasi harus dilakukan dalam mengatasi kesulitan anak, karena dengan motivasi yang kuat masalah akan dapat diatasi dengan mudah.
d. Berkomunikasi dengan orang tua / wali anak
mengatasi kesulitan belajar anak kadang tidak dapat diselesaikan hanya dari upaya guru/pihak sekolah. Oleh karenanya guru/pihak sekolah harus melakukan komunikasi dengan orang tua / wali anak dengan rasa kekeluargaan, sehingga antara  sekolah dengan keluarga anak akan saling mendukung dalam mengatasi kesulitan belajar anak.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengajarkan Mencari Volume Bangun Ruang Balok

Mengajarkan Mencari Volume Bangun Ruang Limas

Proposal PTK IPA Kelas III