PTK Metode Diskusi Pada Pelajaran IPS

Penggunaan Metode Diskusi Pada Mata Pelajaran IPS Materi Sejarah Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik di SDN.005 NUNUKAN Kabupatn Nunukan Kalimantan Timur

Prestasi belajar IPS dewasa ini banyak mendapatkan sorotan dari berbagai pihak, terutama para pengamat pendidikan. Banyak usaha yang dilakukan dalam rangka meningkatkan prestasi tersebut. Salah satu upaya itu adalah melakukan pengajaran dengan menggunakan Metode Diskusi. Alasan tersebut diupayakan agar prestasi peserta didik meningkat dan peserta didik lebih aktif untuk menemukan dan mencari sendiri tentang tugas yang dibebankan. Dengan demikian metode ini lebih mengembangkan kemandirian peserta didik untuk bekal dalam kehidupan kelak.
Metode ini digunakan untuk melihat perbedaan yang signifikan antara prestasi peserta didik yang diajar dengan metode diskusi dan yang tidak dengan menggunakan metode diskusi. Permasalahan dan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui prestasi belajar IPS,materi sejarah, mengetahui penggunaan metode diskusi dengan peningkatan prestasi belajar, serta mengetahui perbedaan prestasi belajar yang menggunakan dan tidak menggunakan metode diskusi pada peserta didik di SDN005 Kabupaten Nunukan Kalimantan Timur Tahun Ajaran 2010 - 2011.
Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VI SD Negeri 005 Nunukan Kab. Nunukan Kalimantan Timur Tahun Pelajaran 2010 - 2011 keseluruhannya berjumlah 32 orang peserta didik pada VI D, Metode yang digunakan adalah Metode Evaluasi (test), observasi, dokumentasi untuk menjawab tiga permasalahan tersebut di atas
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa peserta didik yang menggunakanmetode diskusi memiliki prestasi belajar lebih baik dibanding peserta didik yang diberi pelajaran hanya menggunakan metode ceramah secara monoton. Oleh sebab itu metode ceramah perlu didukung dengan metode lain yang relevan. Salah satu metode yang cocok dipadukan adalah dengan metode diskusi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengajarkan Mencari Volume Bangun Ruang Balok

Mengajarkan Mencari Volume Bangun Ruang Limas

Proposal PTK IPA Kelas III