A. VOLUME KUBUS Langkah-langkah mencari volume balok adalah sebagai berikut: - Guru memperkenalkan macam-macam bangun ruang Guru menanyakan kepada siswa tentang macam-macam bangun ruang, seperti: kubus, balok, limas, tabung, kerucut, dan bola. - Memperkenalkan kepada siswa bangun ruang kubus dengan alat peraga - Menjelaskan kepada siswa tentang pengertian volume Volume sama dengan isi penuh suatu bangun ruang dilambangkan dengan satuan m3 (meter kubik) - Membahas bagian-bagian kubus Kubus terdiri dari panjang (p), lebar (l), dan tinggi (t) - Memperagakan cara mencari volume kubus dengan kubus satuan
BAB I PENDAHULUAN A. Latar belakang Pembangunan nasional pada hakekatnya adalah pembangunan manusia Indonesia yang berkualitas. Salah satu upaya yang strategis untuk meningkatkan kualitas manusia Indonesia adalah dengan pendidikan. Kualitas pendidikan berkaitan erat dengan sumber daya manusia yang berkualitas pula. Sumber daya manusia yang berkualitas adalah yang memiliki jasmani dan rokhani yang sehat. Upaya pengembangan sumber daya manusia yang berkualitas dan sehat antara lain dengan melaksanakan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS). Program UKS dilaksanakan pada semua jenis dan jenjang pendidikan, termasuk sekolah. Sekolah sudah mempunyai prinsip bahwa kebersihan itu adalah bagian dari iman, jadi kalau ada sekolah kurang bersih maka kita patut bertanya imannya itu seperti apa? Komunitas sekolah pada umumnya manusia yang mencintai keshatan salah satunya adalah menekankan pentingnya gaya hidup sehat, bersih, indah dan teratur. Oleh ...
12 DOSA GURU Pembelajaran yang dilakukan oleh guru terhadap siswanya dalam sistem pendidikan kita masih bersifat statis – monoton. Sehubungan dengan konteks pembelajaran tersebut menjelma dalam bentuk dosa besar yang sering dilakukan oleh guru. Dosa tersebut adalah : 1. Mengambil jalan pintas dalam mengajar 2. Menunggu peserta didik berprilaku negative baru ditegur 3. Menggunakan pemaksaan saat membina siswa 4. Mengabaikan keunikan peserta didik saat mengajar (siswa kurang mampu dan siswa mampu diperlakukan sama saja dalam KBM) 5. Malas belajar dan meningkatkan keterampilan karena sudah pandai dan tahu 6. Tidak berusaha mengubah cara mengajarnya walaupun sudah jelas gagal 7. Tidak mau mengitropeksi diri dan malu bertanya untuk meningkatkan kompetensinya 8. Tidak adil (diskriminatif) 9. ...
Komentar
Posting Komentar