Cara mengajarkan mencari volume balok Langkah-langkah mencari volume balok adalah sebagai berikut: - Guru mengingatkan kembali tentang pelajaran tentang macam-macam bangun ruang, pengertian volume, dan volume kubus. - Memperkenalkan kepada siswa bangun ruang balok dengan alat peraga - Membahas bagian-bagian balok Balok terdiri dari panjang (p), lebar (l), dan tinggi (t) - Memperagakan cara mencari volume balok dengan kubus satuan
A. VOLUME KUBUS Langkah-langkah mencari volume balok adalah sebagai berikut: - Guru memperkenalkan macam-macam bangun ruang Guru menanyakan kepada siswa tentang macam-macam bangun ruang, seperti: kubus, balok, limas, tabung, kerucut, dan bola. - Memperkenalkan kepada siswa bangun ruang kubus dengan alat peraga - Menjelaskan kepada siswa tentang pengertian volume Volume sama dengan isi penuh suatu bangun ruang dilambangkan dengan satuan m3 (meter kubik) - Membahas bagian-bagian kubus Kubus terdiri dari panjang (p), lebar (l), dan tinggi (t) - Memperagakan cara mencari volume kubus dengan kubus satuan
12 DOSA GURU Pembelajaran yang dilakukan oleh guru terhadap siswanya dalam sistem pendidikan kita masih bersifat statis – monoton. Sehubungan dengan konteks pembelajaran tersebut menjelma dalam bentuk dosa besar yang sering dilakukan oleh guru. Dosa tersebut adalah : 1. Mengambil jalan pintas dalam mengajar 2. Menunggu peserta didik berprilaku negative baru ditegur 3. Menggunakan pemaksaan saat membina siswa 4. Mengabaikan keunikan peserta didik saat mengajar (siswa kurang mampu dan siswa mampu diperlakukan sama saja dalam KBM) 5. Malas belajar dan meningkatkan keterampilan karena sudah pandai dan tahu 6. Tidak berusaha mengubah cara mengajarnya walaupun sudah jelas gagal 7. Tidak mau mengitropeksi diri dan malu bertanya untuk meningkatkan kompetensinya 8. Tidak adil (diskriminatif) 9. Kurang disiplin 10. Memaksa hak peserta didik 11. Memberikan nilai berdasarkan rasa kasihan 12. Sering meninggalkan peserta d
Komentar
Posting Komentar