PTK Bahasa Indonesia Kelas VI
Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Siswa Melalui Model Pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD) Di Kelas VI C SDN 003 Berjaya.
SDN
003 Berjaya proses pembelajaran Bahasa Indonesia diajarkan dengan model
pembelajaran konvensional dan penggunakan model pembelajaran kurang dimaksimalkan mengakibatkan minat dan perhatian
siswa berkurang. Akibat kurangnya minat dan perhatian siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia membuat hasil belajar siswa kurang memuaskan. suatu
tindakan alternatif untuk mengatasi masalah yang ada berupa penerapan model
pembelajaran lain yang lebih mengutamakan keaktifan siswa dan memberi
kesempatan siswa untuk mengembangkan potensinya secara maksimal. Salah satu
model pembelajaran yang mengutamakan keaktifan siswa adalah menggunakan Model
Pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD).
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah
untuk mengetahui peningkatkan keterampilan berbahasa siswa melalui
model pembelajaran
Student Teams Achievement Divisions (STAD) di Kelas VI
C SDN 003 Berjaya. Jenis
penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2
siklus, yang masing-masing siklus terdiri atas tahap perencanaan, tindakan,
observasi, dan refleksi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi: hasil
belajar siswa yang diambil dari pemberian soal tes pada akhir siklus, dan
aktivitas siswa dalam pembelajaran yang diambil dari lembar observasi,
Penelitian ini dilaksanakan mulai tanggal 25
Juli 2016 sampai dengan 25 Agustus
2016 dengan 4 kali pertemuan dalam 2 siklus. Subyek penelitian
adalah siswa kelas VI C SDN 003
Berjaya yang berjumlah 34 siswa.
Berdasarkan
hasil penelitian yang telah dilaksanakan, pada siklus I diperoleh rata-rata prestasi
belajar siswa sebesar 66,08 dan persentase ketuntasan belajar sebesar
67,65%. Pada siklus II diperoleh rata-rata
prestasi belajar siswa sebesar 74,90 dan persentase ketuntasan belajar sebesar
88,24%. Dari
hasil penelitian menunjukkan bahwa
terjadi peningkatan keterampilan berbahasa siswa melalui model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions
(STAD) pada kompetensi dasar menyampaikan
pesan/informasi yang diperoleh dari berbagai media dengan bahasa yang runtut, baik dan benar di kelas VI C SDN 003 Berjaya.
Komentar
Posting Komentar