Postingan

Menampilkan postingan dari Mei, 2011

Tugas Organisasi Sekolah

Tugas Organisasi Sekolah

Makalah Ilmu dan Moral

ILMU DAN MORAL A. PENDAHULUAN             Perkembangan ilmu pengetahuan begitu pesat, seiring banyaknya tuntutan keperluan hidup manusia. Di sisi lain, timbul kekhawatiran yang sangat besar terhadap perkembangan ilmu itu, karena tidak ada seorang pun atau lembaga yang memiliki otoritas untuk menghambat implikasi negatif dari perkembangan ilmu. Menurut John Naisbitt, era informasi menimbulkan gejala mabuk teknologi yang ditandai dengan beberapa indikator, diantaranya masyarakat lebih menyukai penyelesaian masalah secara kilat, dari masalah agama hingga masalah gizi, dan masyarakat mengaburkan perbedaan antara yang nyata dan yang semu.

Strategi Pembelajaran Menulis

Strategi Pembelajaran Menulis

Pedoman Guru Berprestasi Tahun 2011

Pedoman Guru Berprestasi                                                                                                   

Karakteristik Peserta Didik Usia Sekolah Dasar

Karakteristik Peserta Didik Usia Sekolah Dasar Perkembangan Intelektual Pada usia dasar (6-12 tahun) anak sudah dapat mereaksi rangsangan intelektual atau melaksanakan tugas-tugas belajar yang menuntut kemampuan intelektual atau kemampuan kognitif (seperti membaca, menulis, dan menghitung). Dalam rangka mengembangkan kemampuan anak,maka sekolah dalamhal ini guru seyogyanya memberikan kesempatan kepada anak untuk mengemukakan pertanyaan, memberikan komentar atau pendapat tentang materi pelajaran yang dibacanya atau dijelaskan oleh guru, membuat karangan, menyusun laporan.

Kode Etik Guru

KODE ETIK GURU INDONESIA Persatuan Guru Republik Indonesia menyadari bahwa Pendidikan adalah merupakan suatu bidang Pengabdian terhadap Tuhan Yang Maha Esa, Bangsa dan Tanah Air serta kemanusiaan pada umumnya dan …….Guru Indonesia yang berjiwa Pancasila dan Undang –Undang Dasar 1945 . Maka Guru Indonesia terpanggil untuk menunaikan karyanya sebagai Guru dengan mempedomani dasar –dasar sebagai berikut : Guru berbakti membimbing anak didik seutuhnya untuk membentuk manusia pembangun yang berjiwa Pancasila Guru memiliki kejujuran Profesional dalam menerapkan Kurikulum sesuai dengan kebutuhan anak didik masing –masing . Guru mengadakan komunikasi terutama dalam memperoleh informasi tentang anak didik , tetapi menghindarkan diri dari segala bentuk penyalahgunaan . Guru menciptakan suasana kehidupan sekolah dan memelihara hubungan dengan orang tua murid sebaik –baiknya bagi kepentingan anak didik Guru memelihara hubungan dengan masyarakat

Model Pembelajaran Innovative "Picture and Picture"

MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE Pembelajaran yang menarik dan menyenangkan akan sangat disukai oleh siswa, terutama siswa kelas rendah. Model pembelajaran innovative (konstruktivisme) yang dikembangkan oleh guru akan merangsang keaktifan dan kekreatifan siswa dalam pembelajaran. Salah satu model pembelajaran innovative adalah dengan model “picture and picture” yang menekankan pada kemanpuan siswa dalam menyusun gambar-gambar secara sistematis dengan alasan-alasan/dasar pemikiran yang logis urutan gambar sesuai dengan tujuan pembelajaran. Dengan demikian akan mengembangkan kognitif, afektif, dan psikomotorik siswa. Langkah-langkah : Guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai Menyajikan materi sebagai pengantar Guru menunjukkan/memperlihatkan gambar-gambar kegiatan berkaitan dengan materi Guru menunjuk/memanggil siswa secara bergantian memasang/mengurutkan gambar-gambar menjadi urutan yang logis Guru menanyakan alasan/dasar pemikiran urutan