Postingan

Menampilkan postingan dari Juni, 2010

Karya Ilmiah

Pemantapan Kemampuan Guru Melalui KKG KKG adalah suatu forum profesinal guru sekolah dasar, baik guru kelas maupun guru mata pelajaran, guru sekolah negeri maupun swasta, guru negeri maupun honor yang berada pada suatu wilayah kabupaten/kota/kecamatan/gugus sekolah. Peraturan Pemerintah nomor 38 Tahun 1992 tentang Tenaga Kependidikan pasal 61 ayat 1 berbunyi “Tenaga Kependidikan dapat membentuk ikatan profesi sebagai wadah untuk meningkatkan dan atau mengembangkan karier, kemampuan, kewenangan prpofesional, martabat, dan kesejahteraan tenaga pendidikan demi terciptanya tujuan pendidikan secara optimal”. Melalui kegiatan KKG maka kompetensi professional, paedagogik, kepribadian, dan social seorang guru akan terbentuk. Pembentukan kompetensi tersebut melalui suatu proses dan butuh waktu. KKG dilaksanakan dari guru, oleh guru dan untuk guru, sehingga program tersebut dapat mewujudkan forum guru yang saling asah, asuh, dan asih: 1. Asah Guru harus meng-update kompetensinya agar penerapan

Proposal PTK IPS

PROPOSAL PENELITIAN TINDAKAN KELAS I. JUDUL UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MEDIA GAMBAR BAGI SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR NEGERI 005 NUNUKAN II. BIDANG KAJIAN Pembelajaran IPS dan Media Gambar. III. PENDAHULUAN A. Latar Belakang Pendidikan merupakan usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya dan masyarakat. Pendidikan meliputi pengajaran keahlian khusus, dan juga sesuatu yang tidak dapat dilihat tetapi lebih mendalam yaitu pemberian pengetahuan, pertimbangan dan kebijaksanaan. Salah satu dasar utama pendidikan adalah untuk mengajar kebudayaan melewati generasi. Sekolah sebagai lembaga pendidikan memiliki tugas dan tanggung jawab penuh dalam menjalankan amanat pendidikan. Sekolah merupakan suatu institusi yang dir

Makalah Pendidikan

A. Aliran Klasik dan Gerakan Baru Dalam Pendidikan           Kependidikan, harus memahami brbagai aliran agar dapat menangkap makna setiap gerak dinamika pemikiran-pemikiran dalam pendidikan itu. Aliran-aliran pendidikan telah dimulai sejak awal hidup manusia, karena setiap kelompok manusia selalu dihadapkan dengan generasi muda keturunannya yang memerlukan pendidikan yang lebuh baik dari orang tuanya. Dalam kajian ini dibatasi pada beberapa rumpum aliran klasik, dilanjutkan dengan beberapa gerakan baru yang pengaruhnya masih terasa hingga kini, dan akhirnya dua tonggak penting pemikiran di Indonesia.