Postingan

Menampilkan postingan dari Mei, 2010

Proposal PTK IPA

PROPOSAL PENELITIAN TINDAKAN KELAS ( PTK ) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING BAGI SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 010 NUNUKAN I. JUDUL UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING BAGI SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 010 NUNUKAN II. BIDANG KAJIAN Pembelajaran IPA dan Model Pembelajaran Cooperative Learning. III. PENDAHULUAN A. Latar Belakang Pendidikan merupakan suatu aspek kehidupan yang sangat mendasar bagi pembangunan bangsa suatu negara. Dalam penyelenggaraan pendidikan di sekolah yang melibatkan guru sebagai pendidik dan siswa sebagai peserta didik, diwujudkan dengan adanya interaksi belajar mengajar atau proses pembelajaran. Dalam konteks penyelenggaraan ini, guru dengan sadar merencanakan kegiatan pengajarannya secara sistematis dan berpedoman pada seperangkatn aturan dan rencana tentang pendidikan yang dikemas dalam bentuk kurikulum. Kurikulum secara berkelanjutan disempurnakan

Proposal PTK IPA Kelas III

PROPOSAL PENELITIAN TINDAKAN KELAS I. JUDUL UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI METODE INKUIRI BAGI SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI 003 NUNUKAN SELATAN II. BIDANG KAJIAN Pembelajaran IPA dan Metode Inkuiri. III. PENDAHULUAN A. Latar Belakang Perkembangan ilmu pengetahuan dan tehnologi dewasa ini, memberi dampak yang sangat luas di segala aspek kehidupan manusia terutama dibidang pendidikan terutama didalamnya metode pembelajaran dalam dunia pendidikan khususnya sekolah dasar yang terus diarahkan pada peningkatan prestasi siswa. Dari beberapa hasil penelitian terakhir terhadap faktor-faktor yang berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa diperoleh informasi bahwa disamping kemampua dasar siswa, factor stimulasi peran guru dengan menggunakan metode pengajaran yang sesuai memiliki keterkaitan yang kuat dengan pengalaman belajar yang merupakan proses belajar mengajar untuk emncapai tujuan pembelajaran. Penggunaan metode mengajar yang didasarkan pada pembentukan kemampuan

Pedoman Pembuatan Skripsi

BAB I PENDAHULUAN             Skripsi yang dimaksud dalam panduan ini adalah laporan hasil penelitian mandiri yang ditulis oleh mahasiswa Program Strata Satu (S1) untuk memenuhi salah satu persyaratan untuk mendapatkan gelar kesarjanaan pendidikan (S.Pd.) pada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Borneo. Tujuan penyusunanan skripsi adalah untuk melatih mahasiswa dalam melakukan tinjauan pustaka dan kajian teori, melakukan pengamatan atau percobaan, menganalisi data, dan membuat laporannya. Oleh karena itu bentuknya bersifat Laporan Ilmiah.             Skripsi dikerjakan di bawah bimbingan dua orang dosen, yaitu sebagai pembimbing utama dan pembimbing pembantu yang diusulkan oleh Ketua Jurusan/Program Studi kepada Wakil Dekan I untuk dipertimbangkan kembali kemudian diteruskan kepada Dekan FKIP guna dibuatkan surat keputusan. Syarat seorang mahasiswa boleh menyususn skripsi adalah setelah menempuh 120 sks efektif tanpa nilai E dan tanpa nilai D untuk mata kuliah

Contoh Makalah Pendidikan

RENDAHNYA MUTU PENDIDIKAN DI DAERAH PERRBATASAN KATA PENGANTAR             Puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT, yang senangtiasa melimpahkan rahmat dan karunia-Nya kepada kita semua, sehingga penulis dapat menyelesaikan makalah sederhana ini.Makalah berjudul Rendahnya Mutu Pendidikan di Daerah Perbatasan sebagai bagian tugas mata kuliah pengantar ilmu pendidikan. Terima kasih penulis sampaikan kepada pihak yang turut membantu penyusunan makalah ini.             Makalah sederhana ini disusun dengan referensi dan pengetahuan penulis yang sangat terbatas, sehingga terdapat kekeliruan dan kesalahan dalam penyusunannya. Oleh karena itu kritik dan saran yang konskruktif dari berbagai pihak akan dapat menyempurnakan penyusunan makalah berikutnya.                 Semoga makalah ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan terhadap permasalahan pendidikan khususnya di daerah perbatasan dan dapat mencarikan solusinya yang pada akhirnya akan meningkatkan mutu pendidikan pada umumnya.